Saturday, 27 June 2015

Bagaimana Cara Membayar Denda Tilang ?

Bagaimana Cara Membayar Denda Tilang ?
Buku Tilang
Bagaimana Cara Membayar Denda Tilang - Surat Tilang merupakan surat "sakti" polisi lalu lintas , lhah kenapa bisa ? bisa karena surat tilang tersebut hanya dimiliki oleh satuan lalu lintas (satlantas) dan surat tersebut ditujukan untuk para pelanggar lalu lintas. Para pelanggar akan ditilang sesuai dengan kesalahannya dan harus membayar denda kepengadilan negeri atau bank yang telah ditunjuk. 
Apabila anda melakukan pelanggaran lalu lintas dan pada saat itu sedang diadakan razia maka anda akan diberhentikan petugas polantas kemudian anda akan ditanya kesalahan anda lalu selanjutnya apa ? ya ditilanglah hahaa, sebagai pengetahuan surat tilang terdiri dari 5 lembar warna yang berbeda. Warna apa sajakah itu ? simak penjelasannya dibawah ini :

  • 1. Lembar Merah : 
Diberikan kepada pelanggar yang akan melaksanakan sidang perkara pelanggarannya di pengadilan negeri setempat.
  • 2. Lembar Biru : 
Diberikan kepada pelanggar yang menyatakan setuju atas dakwaan Penyidik/Penyidik pembantu dan bersedia membayar denda maksimal yang ditentukan UU LLAJ dan disetorkan ke bank yang ditentukan.
  • 3. Lembar Hijau : 
Diberikan kepada pengadilan negeri setempat.
  • 4. Lembar Kuning 
Diberikan kepada kesatuan Polri setempat (sebagai arsip)
  • 5. Lembar Putih : 
Diberikan kepada kejaksaan negeri setempat.
Terdapat dua cara penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas jalan yaitu:
1. Mengakui Kesalahan, kita akan diberi LEMBAR BIRU dengan membayar denda maksimal ke bank yang ditentukan. Bukti setor denda dibawa ke Satlantas setempat yang melaksanakan Razia untuk mengambil kembali SIM/STNK kita yang disita.
2. Tidak Mengakui Kesalahan, kita akan diberi LEMBAR MERAH untuk mengikuti sidang di pengadilan yang telah ditentukan dan besarnya denda diputuskan oleh Hakim. SIM/STNK yang disita diambil di pengadilan.
Dalam menjalani sidang ada 2 (dua) cara yang dapat dilakukan:
1. Pelanggar tidak hadir di sidang pengadilan: Dalam hal ini terdakwa dapat menunjuk seseorang dengan menyatakannya didalam kolom tilang bahwa ia menunjuk seseorang untuk mewakilinya di sidang pengadilan.
2. Pelanggar hadir / mengikuti sidang pengadilan.

Semua denda akan masuk ke kas negara. Pungutan liar diluar ketentuan berlaku tidak diperkenankan. Namun realita dilapangan sangatlah berbeda. Pada saat pelanggar akan ditilang pelanggar tersebut malah menginginkan "damai" begittupun polisi akan memberikan pilihan "mau ditilang atau damai ?". Hal ini yang mengakibatkan praktek pungli , disatu sisi masyarakat yg ingin damai mungkin dibenak mereka lebih baik damai daripada harus ditilang karena denda tilang yg cukup menguras kantong apalagi jika mendapatkan slip tilang wana biru abis tu duit hehee ..
Himbauan
Bagaimana Cara Membayar Denda Tilang ?

  • Tips saat anda ditilang oleh petugas :
1. Baca dengan seksama alamat Bank yang ditunjuk untuk menyetor denda bila anda mengambil slip biru. Disini polri bekerja sama dengan Bank BRI.
2. Baca dengan seksama lokasi dimana pengadilan negeri anda akan menjalani sidang.
3. Baca dengan seksama alamat satlantas dimana anda akan mengambil STNK dan SIM yang disita oleh Petugas (tanya langsung dengan petugasnya agar lebih jelas).
Baca juga Pengertian Tilang dan Prosedur Tilang Yang Benar
Demikian semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bagaimana Cara Membayar Denda Tilang ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
29 June 2015 at 13:12

Uhuk.. Pak polisi, tilang hati aku dooongs :P

Reply
avatar
29 June 2015 at 20:22

hahaa sini biar aku tilang :p
udah pernah ketilang beneran belum ??

Reply
avatar
9 July 2015 at 14:31

ternyata banyak banget ya surat nya,hihi

Reply