October 23, 2017

Tips & Trik Dan Cara Agar Menjadi Manager Sukses

Tips & Trik Dan Cara Agar Menjadi Manager Sukses
Tips & Trik Dan Cara Agar Menjadi Manager Sukses
Tips & Trik Dan Cara Agar Menjadi Manager Sukses - Sobat ane nemu lagi ni artikel yg dibuat oleh ayahku judulnya Tips & Trik Dan Cara Agar Menjadi Manager Sukses. Ternyata ayahku bisa juga ya buat artikel seperti ini baru tau -,- kebetulan sobat ayahku seorang manager oprasional disebuah perusahaan garment didaerah depok. Ayahku bikin artikel ini mungkin untuk presentasi ke atasannya kali ya entahlah aku gak reti hahaa okelah sobat langsung aja kalo kalian pengen jadi manager yg sukses bisa ni baca artikel buatan ayahku ..
Tanggung jawab disini termasuk ke dalam bidang managerial dan kepemimpinan (tanggung jawab lainya tehnis dan  praktis) identifikasi apa yang menjadi tanggung jawab anda atau yang menjadi waktu dekat menjadi tanggung jawab anda, dengan memberi tanda dan catatan pada daftar dibawah ini :
1. MEMBIDIK PADA KEPUASAN PELANGGAN 
    (Aim  for customer satisfaction)
Kata “ pelanggan “ disini menunjuk orang-orang  yang mendapatkan manfaat  dari pekerjaan supervisor dan  teamnya,para spv harus selalu ingat bahaw seberapapun jauhnya pelanggan berada , melayani kepentingan mereka sangat penting.akan sangat baik pula apabila dept, servis misalnya,(seperti bag. Pemeliharaan, personalia dll) melihat  dept. produksi sebagai pelanggan mereka. Mereka perlu kita perlakukan seperti halnya pelanggan yang membeli produck kita,  ingat: THE NEX PROSCESS IS YOUR CUSTOMER.

Pikirkan sejenak, berapa jauh anda telah  melakukan tanggung jawab pertama ini?
Apa rencana anda untuk memperbaikinya? Kapan?
2. KETAHUI PEKERJAAN ANDA
  (“know your job”)
Anda perlu mengenali semua pekerjaan dlm dept anda. Bagi anda yg bekerja dibidang produksi atau perawatan mesin/kendaraan, menjadikan  diri anda pakar dlm setiap bagian dari perangkat keras yang anda hadapi dalam departemen/seksi, anda sangat membantu suksesnya tugas anda. Anda tidak akan memperoleh seluruh respek karyawan  kecuali anda menguasai  persoalan dalam pekerjaan, termasuk persoalan karyawan  di bawah anda, dan mengkomunikasikan  persoalan tersebut kepada managemen yang lebih tinggi.
Tanpa mendapatkan respek anak buah, anda tdk bisa secara efektif memberikan bimbingan, melatih  dan menjamin keselamatan kerja mereka.

Pikirkan sejenak, seberapa jauh anda telah menguasai tanggung tawab ke 2 ini?
Apa rencana anda untuk memperbaikinya? Kapan?
3. KEPEMIMPINAN
   (“leadership”)
Faktor terbesar kedua yang mempengaruhi kepuasan karyawan datang dari orang kepada siapa ia bekerja, yaitu atasanya . Karyawan tidak akan merasakan kepuasan jika diperlakukan sebagai alat, tidak memperoleh kesempatan dituruti kata-katanya, dan tdk diberitahu  yang perlu ia ketahui selain apa yang di tuntut pekerjaanya .
Demikian pula jika karyawan tidak diberi kesempatan untuk meminati  pekerjaanya atau diberi tools/kunci serta peralatanya yang diperlukan  untuk melakukan pekerjaanya.

Anda  sebagai atasan langsung  perlu menjadikan kepemimpinan bagi anak buah. Memberikan kepada mereka  tools/sumber daya yang  dibutuhkan   dan lingkungan kerja  yang cukup menyenangkan, menberitahukan alasan  mengapa pekerjaanya itu perlu dilakukan, mendengar kekecewaan yang mungkin mereka rasakan, termasuk gaji, menunjukan sesuatu   untuk dibidik dalam jangka pendek dan jangka panjang ,dan membangun  perasaan aman mereka.

Pikirkan sejenak akan tanggung jawab ke 3  ini, seberapa jauh anda telah menguasainya ? apa  rencana anda untuk memperbaiakinya? Kapan?
4. KOMUNIKASI
   (“Comunication”)
Komunikasi yang baik merupakan  unsur penting  dari kepemimpinan. Pemimpin yang efektif menempatkan orang-orangnya dalam pandangan    berkaitan dg kebijakan  perusahaan, penempatan sasaran, dan perubahan yang direncanakan.
Ia menyediakan diri untuk mendengarkan keluhan, kekecewaan, atau usulan  dari mereka yang  bertanggung jawab kepadanya. Ia menangani hal tersebut sendiri atau membuat rekomendasi dan meneruskannya kepada atasan untuk diperhatikan. Ia  juga secara efektif  memeberikan konsultasi dan mencarikan opini anggota  teamnya.  Dalam hal ini ia menjadi wakil orang–orang yang berada diawah kendalinya.

Pikirkan sejenak, seberapa jauh anda melaksanakan tanggung jawab ke 4  ini?
Apa  rencana anda  untuk memperbaikinya ? kapan ?
5.  PERWAKILAN DAN PEKERJAAN
    (“liaison and cooperation”)
Komunikasi harus  lateral  dan  vertikal, dan spv perlu berfungsi sebagai liaison /perwakilan dan kerja  sama dengan departemen lain, dan mungkin  shift lain, dan kadang-kadng perusahaan  luar seperti pemasok dan kontraktor, hal ini membantu membentuk company whide  team work  yang   baik.

Pikirkan  seberapa jauh anda telah  melaksanakanya?
Apa rencana anda untuk memperbaikinya? kapan?
6. KESELAMATAN KERJA
   (“safety”)
Menjaga  kondisi kerja  dan  praktik metode kerja yang aman  merupakan tanggung jawab anda hal ini ikut mempertimbangkan peraturan perusahaan, kemanusiaan serta  efesiensi kerja.

Renungkan  sejenak, seberapa jauh anda sudah  melaksanakanya ?

7. PELATIHAN  DAN PENGGEMBANGAN.
     (“Training and development”)
Bantu anak  buah anda   untuk memperbaikinya diri sendiri melalui coaching  and couselling. Anda dapat meningkatkan assets perusahaan  dengan sekedar meneruskan  pengetahuan anda kepada mereka dibawah anda. Usahakan agar anak buah  mengembangkan  pemanfaatan diri secara penuh  terhadap  organisasi.
Pengetahuan mereka akan menambah kekuatan anda .

Renungkan sejenak, seberapa  jauh anda telah melaksanakan   tanggung jawab  tersebut?
Apa  rencana anda  untuk memperbaikinya?  Kapan?
8. KESEJAHTERAAN
    (“welfare”)
Karyawan yang tidak puas  tidak akan  bekerja baik, perlakukkan masalah mereka  sama seriusnya  seperti halnya anda menangani masalah anda  sendiri. Minta konsultasi dengan personalia/HRD perusahaan jika anda menemuinya, tetapi jangan limpahkan kepada mereka.

Apabila anda lepas tangan dari kesulitan karyawan, mereka akan  datang ke dept. Personalia /HRD untuk menyelesaikanya dan anda akan kehilangan kesempatan untuk mempererat  hubungan anda  dengan mereka. Hubungan yang  saling percaya merupakan  suatu  basis bagi team  work yang efektif.

Renungkan sejenak, seberapa jauh anda  telah melakukanya ?
Apa  rencana anda untuk memperbaikinya? Kapan.
9. INTRUKSI
  (“instruction “)
Berikan  intruksi yang jelas, pastikan orang yang anda beri intruksi mengetahuinya  dengan  tepat apa yang anda inginkan dan mengapa diperlukan.
Perintah tanpa rencana atau tergesa- gesa dapat membebani biaya  perusahaan atas  waktu, material,  dan upaya yang  terbuang. Oleh karena itu  berikan  intruksi  secara sabar, dan jelas kemudian adakan tindak lanjut jika diperlukan guna menghindari pekerjaan yang tidak  bermanfaat.

 Renungkan sejenak, seberapa jauh anda  telah  melaksanakanya?
Apa  rencana anda  untuk memperbaikinya ? kapan

10. PUJIAN  UNTUK PEKERJAAN YANG BAIK
     (Credit for good work)
Bilamana  karyawan  telah melaksanakan pekerjaan tertentu secara baik  dalam kondisi  sulit, katakan kepadanya semuanya orang menyukai kata-kata  penghargaan.

Renungkan seberapa jauh  kessediaan anda untuk  melukukanya ?

11. ADIL
  ( “fairness”)
Berikan pada setiap karyawan kesempatan di dengar yang adil.  Jangan membebani seseorang dengan  pekerjaan berlebih, sedangkan yang lain tidak   banyak pekerjaan .Jangan pekerjaan  yang tidak enak anda berikan kepada beberapa orang  tertentu,sedanngkan semua pekerjaan  yang mudah diberikan kepda orang lain .

Hal demikian munculkan  dendam terhadap anda  dan perusahaan dan juga antar karyawan sendiri, sehingga  membuat sukar anda membangun team  untuk bekerja sama yang baik.

Ingat bahwa adil tidak berarti jika dua orang  berbuat salah yang sama,mereka mendapat pinalti  yang sama, mereka mendapat pinallti yang sama dalam hal ini anda perlu mempertimbangkan  kondite( record) dan lingkungan masing–masing  sebelum memutuskan  tindakan  apa yang  diambil dalam setiap kasus.

Renungkan seberapa jauh anda telah melakukannya ?
Apa  rencana anda  untuk memper baikinya? Kapan?
12.INISIATIF
 (“USING YOUR INITIATVE”)
Jangan menerima hal-hal seperti apa adanya, coba pikirkan cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu dan dorong orang untuk melakukan hal yang sama, kemudian usahakan ide itu diterima oleh  management yang lebih tinggi. Ingat standar–standar yang ada bukan dibuat untuk menghambat anda, tetapi untuk memberikan pedoman. Standar tidak dimaksud untuk jadi permanen, tetapi standar berfungsi baik hanya selama memberikan hasil yang diharapkan. Agar kita bisa melakukan kinerja yang lebih baik lagi.

Coba anda renungkan, seberapa jauh anda/telah melakukannya?
Apa anda punya rencana untuk memperbaikinya? Kapan?
13. PIKIRKAN MASALAH ANDA SENDIRI,JANGAN SERAHKAN KEPADA ATASAN
(“try to think trouhg your own problems dont delea\gatethem to your boss”)
Jika sesuatu masalah pekerjaan muncul ,coba dulu untuk mengatasinya  sendiri, jika anda tidak memiliki wewenang untuk bertindak sendiri, berikan kepada atasan anda,  alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut,bukan masalahnya sendiri yang anda berikan  kepda atasan/boss, respon masalah sekecil apapun dan cari solusi untuk mengatasinya  bukan membesarkan masalah yang tidak perlu, kordinasi dengan departemen terkait untuk duduk bersama–sama megatasinya jangan suka bicara kepada atasan yang membuat atasan tambah pusing untuk memutuskan yang sebenarnya masih bisa diatasi bersama ( soal technik pekerjaaan misalnya)

Coba anda renungkan seberapa jauh anda telah  melakukanya?
Apa rencana anda  untuk memperbaikinya ? kapan ?
14. PERALATAN
    ( “equipment “)
Perhatikan peralatan anda, apakah memadai dan cukup perawatanya, ganti bilamana diperlukan, pikirkan dimuka  apa yang diperlukan di produksi, sehingga saat produksi berlangsung sumber daya yang diperlukan tersedia pada waktunya .peralatan yang buruk merusak dua hal. Pekerjaan dan sikap pekerja yang cenderung tidak bisa maksimal saat melakukan pekerjaan tersebut.

Coba anda renungkan, seberapa jauh anda telah melaksanakannya?
Apa rencana anda untuk memperbaikinya? Kapan ?

15. RUMAH TANGGA KANTOR /RTK.
   (“house keeping”)
Departement yang bersih dan rapi, lebih aman dan memberikan citra  kepada setiap pengunjung, suatu perusahaan yang rapi dan efesiensi. Orang senang bekerja pada organisasi yang efesien .Oleh karena itu semua perkakas dan peralatan, file  dan surat-surat perlu berada pada tempatnya, tidak berserakan dimana-mana, usahakan tersedia tempat untuk semuanya dan terletak pada tempatnya. Ingat kerapihan dan disiplin sangat terkait erat.
Coba anda renungkan, seberapa jauh anda sudah melakukannya?
Apa rencana anda untuk memperbaikinya? Kapan
16. BEKERJA DENGAN SPESIALIS.
     (“working  with specialist”)
Makin banyak spesialis bekerja dalam idustri akhir–akhir ini melakukan  bagian pekerjaan yang dahulu ditangani supervisor. Kecenderungan progresif ini positif  karena melepaskan para supervisor dari beban menjadi pakar dalam semua hal. Penting bagi anda menemui para spesialis tersebut, mengetahui jasa apa yang dapat mereka sediakan bagi anda sebagai pimpinan/atasan dan cari tahu otoritas apa mereka miliki atas aktifitas anda.

Coba anda renungkan, seberapa jauh anda sudah melaksanakannya?
Apa rencana anda untuk memperbaikinya? Kapan ?
17.EKONOMIS.
    (“Economy”)
Anda dapat menghindarkan pemborosan tenaga kerja, mesin, material, dan uang. Pikirkan, jadilah orang yang ekonomis ( peduli dan sadar akan biaya yang dikeluarkan) dan upayakan agar karyawan anda adalah orang–orang yang sadar akan biaya. Contoh: (sebelum kita melakukan suatu pekerjaan kita hitung untung rugi dulu beban biaya yang akan dikeluarkan) ini adalah cara termudah  untuk tetap kompetitif dan memproduksi lebih biaya tanpa mengganggu kualitas produksi.
 18.DISIPLIN DAN TANGGUNG  JAWAB
     RESPONSIBILITY & DICIPLIN
Disiplin  karyawan adalah menjadi tanggung jawab anda supervisor/manager.
Kedisiplinan menentukan diterapkanya metode kerja yang standar dan aman saat menjalankan tugas sehari-hari.

Coba anda renungkan, seberapa jauh anda sudah melaksanakannya?
Apa rencana anda  untuk memperbaikinya? Kapan? 

Bagikan Artikel

Jangan lewatkan

Tips & Trik Dan Cara Agar Menjadi Manager Sukses
4/ 5
Oleh

Ingin mendapatkan uang dari internet??

Mau tau bangaimana saya menghasilkan uang dari internet?? Tambahkan email Anda untuk mengetahuinya.

Peraturan Berkomentar di situs alfiancmx.blogspot.co.id

1. Berkomentarlah Sesuai Topik Artikel
2. Berkomentarlah Menggunakan Bahasa Yang Jelas
3. Berkomentarlah Dengan Sopan
4. Tidak Menyisipkan Link Aktif (Live Link)
5. Tidak Berkomentar Promosi
6. Tidak Berkomentar Spam

Apabila melanggar mohon maaf komentar pasti saya hapus :)